Selasa, 13 Juni 2017

56. Penyakit Kulit Gatal Gatal



56. Apa itu penyakit kulit gatal gatal?


Kulit merupakan salah satu bagian permukaan tubuh yang mempunyai banyak fungsi diantaranya adalah sebagai lapisan pelindung bagian tubuh sehingga mampu melindungi. Bayangkan saja jika tidak ada kulit maka semua peredaran dalam tubuh manusia mampu dilihat dan pasti menimbulkan rasa tidak nyaman.
Selain itu kulit juga mampu menjadi penunjang kecantikan bagi seseorang. Seseorang dengan kulit yang cantik, bersih dan sehat biasanya lebih menarik dibandingkan dengan seseorang yang mempunyai penyakit pada kulit. Oleh karena itulah banyak cara yang dilakukan untuk memperoleh kulit yang sehat, cantik dan menarik serta mampu terhindar dari berbagai penyakit pada kulit yang mungkin saja timbul.
Kulit gatal atau pruritus adalah kondisi yang sangat umum terjadi. Namun jika terjadi dalam waktu lama dan diiringi gejala lain, kondisi tersebut dapat menjadi indikasi penyakit yang lebih serius seperti gangguan ginjal.
Gatal memang membuat tidak nyaman, berupa sensasi menjengkelkan yang membuat kita mau tidak mau untuk menggaruknya. Mungkin sekilas terlihat sepele, ketika gatal ya digaruk. Akan tetapi dibalik kulit yang gatal terdapat ratusan kemungkinan penyebab mulai dari masalah sederhana sampai masalah kesehatan yang cukup serius.
Gatal tidak kunjung reda dan berisiko menjadi gejala awal adanya kondisi yang lebih serius.
Gatal pada kulit juga dapat terasa tidak tertahankan, atau sangat mengganggu sehingga Anda tidak dapat berkonsentrasi. Kondisi ini berisiko menjadi lebih serius terutama jika gatal disertai gejala lain, seperti pembengkakan, kulit yang memerah atau bahkan menguning

Kira kira apa penyebab seseorang terkena penyakit kulit gatal gatal?

 
Penyakit kulit gatal lebih banyak disebabkan oleh pola hidup yang kurang bersih sehingga menjadikan kulit mudah terserang virus serta bakteri sehingga memunculkan berbagai penyakit dan masalah pada kulit.
Tanpa disadari penyakit pada kulit dan penyebabnya sebenarnya diperoleh dari kebiasaan kita sehari-hari yang kurang memperhatikan kebersihan seperti kurang menjaga kebersihan lingkungan disekitar kita, kurang intens dalam membersihkan tubuh, tidak pernah ganti baju atau mempunyai kebiasaan menggunakan baju secara berkali-kali, jarang mengganti baju dalam padahal baju dalam sering menyerap keringat yang mampu menyebabkan gatal-gatal, tidak kering ketika mengeringkan badan setelah mandi sehingga menjadikan badan lembab dan menimbulkan banyak jamur dan lain sebagainya.

Mengenali penyebab gatal penting untuk menentukan langkah penanganan. Selain gigitan serangga yang menjadi penyebab gatal paling umum, ada banyak hal lain yang dapat menjadi pemicu gatal, yaitu:
Penyakit atau kondisi kulit tertentu, seperti eksim, kudis, psoriasis, folikulitis, prurigo. Rasa gatal umumnya muncul pada area kulit tertentu seperti iritasi kulit, kulit merah, hingga bintik merah.
Kulit kering (xerosis) dapat diduga menjadi penyebab rasa gatal. Kulit kering umumnya disebabkan oleh kondisi lingkungan, seperti udara dengan kelembapan rendah, terlalu lama mandi atau mencuci, serta terus-menerus berada di dalam ruangan ber-AC.
Gangguan saraf, seperti sklerosis multipel, diabetes, saraf terjepit, serta herpes zoster.
Penyakit dalam seperti hepatitis, sirosis, penyakit celiac, anemia defisiensi besi, gagal ginjal, gangguan tiroid, leukemia, dan limfoma.
Reaksi alergi dan iritasi terhadap bahan-bahan pakaian, seperti baju yang terbuat dari wool, benda dari karet, bahan kimia dalam sabun, kosmetik, alergi akibat makanan tertentu, biang keringat, serta alergi terhadap tanaman tertentu.
Di masa kehamilan, sebagian wanita merasakan gatal pada bagian perut, lengan, paha, dan payudara karena perubahan hormon. Beberapa masalah kulit yang dapat berkembang saat hamil antara lain:
  • Papula urtikaria pruritus dan plak yang menyebabkan ruam dan gatal pada paha dan perut bagian atas.
  • Prurigo gestationis: ruam pada lengan, kaki, dan tubuh bagian atas.
  • Kolestasis obstetrik: gangguan pada hati di masa kehamilan yang menyebabkan rasa gatal tanpa ruam.
 Penyebab lain:
  • Alergi terhadap obat misalnya antibiotik atau aspirin.
  • Gigitan serangga dan parasit: gigitan nyamuk, kutu rambut, sengatan lebah.
  • Infeksi seperti cacar, kurap, dan jamur.
  • Kondisi psikologis seperti depresi dan kecemasan.
  • Menopause: perubahan hormon saat menopause bisa menyebabkan gatal-gatal.

Penyebab gatal yang lain contohnya ketika kulit kita digigit nyamuk maka akan terasa gatal, mungkin gatal yang ditimbulkannya hanya sebentar dan tidak parah. Penyebab gatal karena penyakit serius misalnya karena gangguan fungsi hati yang membuat peningkatan kadar bilirubin darah yang menyebar ke kulit sehingga terlihat kulit berwarna kuning dan terasa gatal. Dan masih banyak contoh yang lainnya. Secara ringkas, Penyebab kulit gatal bisa akibat dari ruam lokal atau kondisi kulit lainnya, seperti psoriasis atau dermatitis. Atau penyebab gatal pada kulit merupakan akibat dari penyakit dalam (sistemik), seperti penyakit hati atau gagal ginjal. Penyebab lokal menimbulkan gatal hanya pada kulit yang terkena sedangkan penyebab sistemik menimbulkan gatal pada kulit seluruh tubuh.
Gangguan mental seperti keadaan depresi dan kecemasan juga dapat menimbulkan rasa gatal pada tubuh.

Kira kira gejala apa yang bisa muncul apabila seseorang terkena penyakit kulit gatal gatal?


Banyak orang yang tidak begitu memperhatikan kondisi kulitnya dari penyakit ringan seperti gatal, sehingga memunculkan berbagai penyakit pada kulit manusia mulai seperti panu, kudis, kurap sampai pada penyakit yang sedikit serius seperti bisul, campak, cacar air, herpes dan penyakit lainnya.
Gatal dapat terasa pada area tertentu atau seluruh tubuh. Kulit kemerahan atau ruam adalah gejala yang sering mengiringi rasa gatal.
Gatal biasanya mempengaruhi daerah tertentu dan disertai dengan tanda-tanda lain, seperti merah, kulit yang teriritasi, benjolan dan lecet.

Kira kira apa yang bisa dilakukan untuk mencegah seseorang terkena penyakit kulit gatal gatal? 



  • Lebih baik mengusap daripada menggaruk area yang gatal.
  • Mengurangi konsumsi makanan pedas, kafein, dan minuman keras yang dapat mempengaruhi aliran darah dan menyebabkan gatal bertambah parah.
  • Kompres bagian yang gatal dengan kain yang dibasahi air dingin.
  • Potong kuku Anda sehingga tidak akan menimbulkan luka jika tidak bisa menahan diri untuk menggaruk area yang gatal.
  • Mandi dengan air hangat dan batasi agar waktu mandi tidak lebih dari 20 menit.
  • Hindari penggunaan pakaian dengan bahan yang dapat menambah rasa gatal, seperti wool atau pakaian yang terlalu ketat.
  • Oleskan losion setelah mandi untuk membuat kulit tetap lembab.
  • Gunakan sabun dengan kandungan ringan yang tidak terlalu berisiko menyebabkan iritasi kulit.
  • Gunakan sprei dengan bahan yang tidak panas dengan permukaan halus.
  • Lebih rileks dan sebisa mungkin kelola stres. Kecemasan dapat membuat gatal memburuk.
  • Mengganti sprei, bedcover serta perlengkapan pribadi anda secara berkala minimal 1x dalam seminggu
  •  Mandi minimal 2x sehari kecuali ketika anda sakit, yang terpenting adalah selalu membersihkan tubuh anda
  •  Tidak menggunakan perlengkapan pribadi secara bersama-sama
  •  Menggunakan pelindung kulit sehingga tidak terkena paparan langsung sinar UV
  •  Selalu menjaga kebersihan lingkungan anda sehingga mampu mengurangi resiko penyakit pada kulit.






Apa Yang Harus Saya Lakukan Sekarang?


1. Segera Hubungi Sinshe Jerry.
2. Telepon Dan Buat Janji Waktu Pertemuan.
3. Datang Ke Lokasi Klinik Pada Waktu Yang Telah Ditetapkan Bersama.
4. Bertemu Dengan Sinshe Jerry.
5. Konsultasi Penyakit Dan Keluhan Anda Kepada Sinshe Jerry.
6. Sinshe Jerry Akan Rekomendasikan Pengobatan Yang Akan Anda Lakukan.
7. Lakukan Pengobatan Yang Sinshe Jerry Anjurkan.
Hubungi : Sinshe Jerry
Pluit Kencana 2 No: 11 
Jakarta Utara 14450 Indonesia
Telp:  Mentari 085811128718 / Simpati 081230292696 


Salam Sehat Selalu. 

Izin Pengobatan  No.1.3.01.3175.421/22001/11.16



1 komentar: