Selasa, 04 Juli 2017

63. Kelopak Mata Hitam



63. Apa itu penyakit kelopak mata hitam?


Kelopak mata merupakan sebuah lapisan kulit yang sangat tipis, bahkan termasuk paling tipis diantara semua bagian tubuh. Kelopak mata memiliki fungsi yang sangat penting yaitu mencegah semua  benda asing agar tidak masuk dan melukai bagian bola mata. Umumnya kelopak mata memiliki warna yang normal seperti warna kulit yang lain.

Kira kira apa penyebab seseorang terkena penyakit kelopak mata hitam?


Alergi merupakan salah satu reaksi tubuh ketika tidak bisa menerima zat atau senyawa dari luar tubuh. Umumnya pemicu reaksi yang menyebabkan alergi pada mata berasal dari debu, kotoran dan pasir. Awal reaksi bisa menyebabkan rasa gatal yang parah kemudian Anda mungkin akan sering menggosoknya. Kebiasaan menggosok mata bisa menyebabkan peradangan yang kemudian membuat bagian kelopak mata menjadi gelap atau hitam. Kebiasaan ini juga bisa menyebabkan mata terkena infeksi dari bakteri atau virus yang menempel di mata.
Peradangan atau inflamasi bisa juga menyebabkan kelopak mata hitam. Kondisi ini paling sering terjadi ketika peradangan sudah lama dan tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Peradangan sebenarnya adalah sebuah proses ketika sebuah jaringan tubuh melindungi bagian lain dari kerusakan. Peradangan juga paling sering terjadi berkaitan dengan tekanan pada mata dan cedera pada mata. Peradangan bisa terjadi dalam waktu singkat namun juga bisa sangat lama. Kemudian peradangan bisa membuat warna kelopak mata menjadi lebih hitam.
Iritasi menjadi salah satu gangguan mata yang paling sering terjadi. Iritasi sebenarnya bisa terjadi pada siapa saja. Gangguan ini bisa disebabkan karena adanya zat atau benda asing yang mengenai bagian mata. Terkadang beberapa bahan kimia yang berbahaya bisa masuk ke mata secara tidak sengaja. Akibatnya maka bagian mata bisa menghasilkan banyak keringat dan cairan. Cairan ini berfungsi untuk mengeluarkan semua kotoran mata. Lalu Anda mungkin akan merasa gatal dan menggosok mata. Gesekan yang keras akan menyebabkan trauma pada kulit mata sehingga kelopak mata menjadi hitam.
Cedera yang mengenai bagian kelopak mata bisa menyebabkan warna hitam pada kelopak mata. Kondisi ini bisa bertahan dalam waktu singkat namun juga bersifat tetap. Ada banyak kemungkinan cedera yang bisa terjadi pada mata seperti terkena pukulan benda keras, terantuk benda keras, gesekan yang keras pada mata dan tekanan yang kuat. Terkena pukulan dari bola atau tangan secara tidak sengaja pada area wajah juga bisa membuat kelopak mata hitam. Terkadang kondisi ini juga bisa menyebabkan bagian mata menjadi bengkak.
Reaksi tubuh yang kekurangan gizi juga bisa menyebabkan kelopak mata hitam. Kondisi ini biasanya tidak terjadi dengan cepat namun apabila sudah terakumulasi dalam waktu yang lama.
Orang-orang yang memang sering bekerja keras dan tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup bisa mengalami kelopak mata yang merah. Ketika kurang tidur maka sebenarnya bagian dari pembuluh darah yang berada di kelopak mata mengalami peradangan dan pembengkakan. Kemudian hal ini bisa menyebabkan perubahan warna kelopak mata menjadi lebih hitam. Kemudian jika sudah terjadi dalam waktu lama maka cairan akan bocor dan masuk ke kelopak mata. Hal ini akan membuat bagian kelopak mata terlihat lebih tebal, bengkak dan hitam. Kurang tidur termasuk salah satu penyebab kelopak mata hitam yang paling sering terjadi.
Semua bagian tubuh memang memiliki hubungan yang sangat kuat dengan riwayat garis keluarga. DNA dalam sebuah silsilah keluarga memiliki peran yang penting untuk mempengaruhi gender, kondisi penyakit, warna kulit, warna rambut, bentuk rambut dan berbagai unsur lain. Termasuk salah satunya adalah warna kelopak mata. Menurut sebuah penelitian terbukti jika warna kelopak mata dan kondisi kesehatan kelopak mata juga dipengaruhi oleh keturunan.
Apakah Anda pernah memperhatikan penampilan orang lanjut usia. Bagian kelopak mata mereka mungkin tidak hanya berkerut tapi juga berubah warna. Bagian kelopak mata terutama pigmen telah menjadi sangat rapuh karena usia sel-sel kulit yang semakin tua. Kemudian bagian pembuluh darah juga sudah menurun sehingga bagian pembuluh darah mungkin tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Hal ini akan membuat orang tua memiliki kelopak mata berwarna lebih hitam dan terkadang juga mengalami peradangan sehingga terlihat seperti  bengkak.
Mata berfungsi untuk melihat semua hal dan ini akan berfungsi terus menerus kecuali saat tidur. Anda mungkin sudah terbiasa selalu bekerja dengan komputer atau gadget. Pekerjaan seperti ini juga bisa menyebabkan mata mendapatkan tekanan yang kuat. Tekanan ini akan membuat kelopak mata mengalami peradangan yang bisa membuat warnanya menjadi hitam.

Kira kira gejala apa yang bisa muncul apabila seseorang terkena penyakit kelopak mata hitam?


Kelopak dibawah mata menjadi hitam seperti panda, bisa terjadi pada sisi kiri ataupun sisi kanan saja, bisa juga terjadi pada kedua sisi bersamaan.

Kira kira apa yang bisa dilakukan untuk mencegah seseorang terkena penyakit kelopak mata hitam?

Istirahat yang cukup, Jangan melihat komputer atau handphone untuk jangka waktu yang terlalu lama. Makan yang teratur dan jangan terlalu mikir yang kebanyakan bahkan sampai stress.






Apa Yang Harus Saya Lakukan Sekarang?


1. Segera Hubungi Sinshe Jerry.
2. Telepon Dan Buat Janji Waktu Pertemuan.
3. Datang Ke Lokasi Klinik Pada Waktu Yang Telah Ditetapkan Bersama.
4. Bertemu Dengan Sinshe Jerry.
5. Konsultasi Penyakit Dan Keluhan Anda Kepada Sinshe Jerry.
6. Sinshe Jerry Akan Rekomendasikan Pengobatan Yang Akan Anda Lakukan.
7. Lakukan Pengobatan Yang Sinshe Jerry Anjurkan.
Hubungi : Sinshe Jerry
Pluit Kencana 2 No: 11 
Jakarta Utara 14450 Indonesia
Telp:  Mentari 085811128718 / Simpati 081230292696 

Salam Sehat Selalu. 

Izin Pengobatan  No.1.3.01.3175.421/22001/11.16






Tidak ada komentar:

Posting Komentar