Kamis, 06 Juli 2017

64. Penyakit Hati Atau Liver



Apa itu penyakit hati?


Liver atau hati adalah salah satu organ yang ada di dalam tubuh manusia. Berada di bawah tulang rusuk, namun sedikit lebih rendah di sisi kanan. Fungsi utamanya adalah sebagai pembantu tubuh untuk membersihkan darah. Selain itu, liver juga berguna untuk menyingkirkan bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Hati ini juga berkerjasama dengan cairan empedu, yang nantinya berguna untuk memecah lemak dari makanan.
Selain itu, masih ada banyak lagi fungsi liver atau hati untuk tubuh manusia. Misalnya saja sebagai penyimpan gula yang berbentuk glukosa, distributor lemak ke seluruh jaringan yang ada pada tubuh dengan fokus utama untuk memberikan energi dan memproduksi protein penting. Protein disini nantinya memiliki tugas lagi yang lebih kompleks, seperti untuk proses pembekuan darah, transportasi cairan dan lain sebagainya.
Hati adalah organ yang bekerja paling keras di dalam tubuh. Berukuran seperti bola yang berada tepat di bawah tulang rusuk di sisi kanan perut Anda. Terdiri dari 2 bagian: lobus kiri dan lobus kanan. Hati penting untuk mencerna makanan, menyingkirkan tubuh kita dari zat beracun dan menyimpan energi bagi tubuh untuk digunakan bila diperlukan.
Hati adalah organ terbesar dalam tubuh, hal ini juga salah satu organ paling penting karena melakukan banyak fungsi penting seperti mengubah makanan menjadi energi dan juga menghapus segala bentuk racun dan alkohol dari darah. Hati juga memproduksi empedu yang membantu mencerna makanan.
Hati dianggap sebagai organ terbesar dalam tubuh dengan bobot sekitar 2 kg yang melakukan banyak fungsi. Hati mengatur komposisi lemak, gula dan protein dalam darah. Hati juga menyingkirkan racun dari darah untuk kemudian dikeluarkan melalui feses.
Zat makanan yang diserap melalui usus hampir semuanya diproses dalam hati, ada yang dihasilkan berupa vitamin tapi ada juga yang berbentuk kolesterol, protein hingga zat pembeku darah. Hati juga berfungsi sebagai detoksifikasi yang memisahkan racun-racun dengan darah yang dikeluarkan lewat empedu dan feses.
Penyakit liver merupakan salah satu penyakit yang tergolong penyakit yang sangat berbahaya. Hal ini disebabkan karena peran liver atau hati yang sangatlah penting untuk tubuh kita karena sebagai alat ekskresi manusia yang membantu fungsi ginjal untuk memecah senyawa-senyawa yang ada pada tubuh yang bersifat racun. Selain itu, hati juga merupakan organ tubuh penghasil amonia, urin serta asam urat yang memanfaatkan nitrogen serta asam amino. Racun yang ada pada tubuh dipecah oleh hati kemudian hasilnya dikeluarkan melewati empedu serta feses dengan detoksifikasi. Karena itulah penyakit liver sangat berbahaya dan harus diwaspadai dan ditangani dengan cepat.

Kira kira apa penyebab seseorang terkena penyakit hati?

Penyakit hati atau penyakit liver adalah penyakit yang disebabkan oleh berbagai faktor yang merusak hati, seperti virus dan penggunaan alkohol. Obesitas juga berhubungan dengan kerusakan hati. Seiring waktu, kerusakan hati berdampak pada luka di jaringan (sirosis), yang dapat menyebabkan gagal hati, suatu kondisi yang mengancam jiwa.
Parasit juga dapat menginfeksi hati, menyebabkan peradangan dan mengurangi fungsi hati. Virus yang menyebabkan kerusakan hati dapat menyebar melalui darah atau urin, makanan atau air yang terkontaminasi, atau bersentuhan dekat dengan orang yang terinfeksi.
Terjadinya penyakit liver ini sebagian besar adalah karena faktor pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Pola hidup yang kurang sehat yang dapat menyebabkan penyakit hati ini seperti aktifitas yang terlalu banyak, tetapi lama istirahatnya kurang. jarang berolahraga, perokok berat, serta konsumsi minuman beralkohol, mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi dan berlemak terlalu sering, dan seringkali berada pada kawasan yang berpolusi tinggi sehingga memunculkan efek terjadinya radikal bebas masuk dalam tubuh.

Kira kira gejala apa yang bisa muncul apabila seseorang terkena penyakit hati?

  • Kulit dan mata yang tampak kekuningan (jaundice)
  • Nyeri perut dan bengkak
  • Pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki
  • Kulit yang gatal
  • Warna urin gelap
  • Warna feses pucat, atau berdarah
  • Kelelahan kronis
  • Mual atau muntah
  • Kehilangan selera makan
  • Kecenderungan untuk mudah memar.
  • Penglihatan mulai berkurang.
Kira kira apa yang bisa dilakukan untuk mencegah seseorang terkena penyakit hati?

Dengan modifikasi gaya hidup, seperti menurunkan berat badan dan memiliki pola makan yang sehat. Dan juga:
1. Perhatikan kebersihan. Sering mencuci tangan dengan sabun untuk menghindari infeksi virus dan parasit dalam hati yang berasal dari luar seperti makanan yang tidak bersih.

2. Hindari zat beracun dan asupan alkohol karena meningkatkan risiko terhadap penyakit hati.
 




Apa Yang Harus Saya Lakukan Sekarang?


1. Segera Hubungi Sinshe Jerry.
2. Telepon Dan Buat Janji Waktu Pertemuan.
3. Datang Ke Lokasi Klinik Pada Waktu Yang Telah Ditetapkan Bersama.
4. Bertemu Dengan Sinshe Jerry.
5. Konsultasi Penyakit Dan Keluhan Anda Kepada Sinshe Jerry.
6. Sinshe Jerry Akan Rekomendasikan Pengobatan Yang Akan Anda Lakukan.
7. Lakukan Pengobatan Yang Sinshe Jerry Anjurkan.
Hubungi : Sinshe Jerry
Pluit Kencana 2 No: 11 
Jakarta Utara 14450 Indonesia
Telp:  Mentari 085811128718 / Simpati 081230292696 

Salam Sehat Selalu. 

Izin Pengobatan  No.1.3.01.3175.421/22001/11.16



Tidak ada komentar:

Posting Komentar