Senin, 10 Juli 2017

65. Penyakit Rematik



Apa itu penyakit rematik?


Rematik adalah penyakit yang menimbulkan rasa sakit akibat otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan. Rematik bisa menjangkiti persendian mana pun pada tubuh.
Rematik yang terus berkembang bisa menyebabkan kerusakan dan perubahan bentuk permanen pada sendi. Akibatnya pergerakan sendi mulai terbatas dan fungsi sendi bisa hilang sepenuhnya.
Rematik adalah penyakit persendian yang menimbulkan rasa sakit dan terbatasnya pergerakan sendi, serta seiring waktu bisa menyebabkan kerusakan tulang rawan. Penyakit ini bisa menjangkiti berbagai macam persendian, namun persendian yang paling sering terkena dampaknya adalah jari, leher, kaki, pinggang, lutut, dan pinggul.
Rematik dapat mempengaruhi kemampuan untuk melakukan aktivitas harian seperti menulis, membuka botol, memakai baju, dan membawa barang. Rematik yang mengenai pinggul, lutut atau kaki dapat membuat sulit berjalan, membungkuk, atau berdiri.
Rematik tidak kenal usia, siapa saja bisa diserang. Jika rematik sudah kronis, bahayanya akan membuat penderita sulit bergerak dan mengalami pengeroposan tulang.

Kira kira apa penyebab seseorang terkena penyakit rematik?


Penuaan atau bertambahnya usia merupakan faktor umum terjadinya rematik.
Rematik terjadi saat sistem imun Anda menyerang lapisan yang mengelilingi sendi Anda. Inflamasi yang dihasilkan akhirnya merusak tulang rawan dan tulang dalam sendi Anda.
Sama seperti ketika Anda kerap mandi tengah malam, sering keluar malam akan dapat menjadi salah satu penyebab rematik. Tubuh akan lebih mudah terpapar udara dingin di malam hari yang biasanya dianggap tidak sehat. Ketika terpapar udara dingin, udara yang lembab dan angin kencang, maka tubuh akan mengalami penyumbatan energi. Maka penting adanya untuk menghindari terlalu sering kena angin malam dan mengetahui bahaya angin malam, atau kalaupun ada satu kondisi yang menyebabkan Anda harus pergi di malam hari, pastikan Anda melindungi tubuh dengan baik dari semua faktor cuaca tersebut.
Minuman beralkohol sudah terkenal tak sehat bagi tubuh. Bir atau minuman berkandungan alkohol lainnya bisa membuat rematik timbul. Minuman yang tak berkalori ini dapat menimbulkan berbagai penyakit serius lainnya yang bisa membuat kesehatan terganggu dan di akhir, jika tak berhenti kematian adalah akibatnya.
Berikut juga bisa menyebabkan rematik:
1.     Pekerjaan / aktivitas sehari-hari yang memicu rematik
2.     Adanya infeksi
3.     Faktor pola makanan
4.     Gangguan immunitas atau kekebalan daya tahan tubuh
5.     Pengaruh kelenjar/hormon
6.     Faktor usia
7.     Faktor keturunan
8.     Faktor psikologis
9.     Faktor lingkungan
10.                        Obesitas (kelebihan berat badan)
11.                        Cedera pada alat gerak tubuh
12.                        Radikal bebas
13.                        Gaya hidup yang tidak teratur
14.                        Komplikasi dari berbagi penyakit

Kira kira gejala apa yang bisa muncul apabila seseorang terkena penyakit rematik?


Seperti kelelahan, melemahnya otot dan bisa berdampak pada kehidupan sehari-hari, seperti mengalami kesulitan untuk membungkuk, memakai pakaian, duduk, dan bahkan menggenggam objek.
Gejala rematik yang paling sering terjadi adalah nyeri sendi dan kekakuan sendi yang memburuk pada pagi hari setelah bangun tidur dan setelah duduk lama. Kekakuan biasanya membaik dengan gerakan. Gejala cenderung hilang timbul.
Rasa nyeri di area persendian baik di kaki maupun tangan. Akan tetapi sakit dan nyeri pada penderita rematik umumnya akan hilang timbul dengan frekuensi yang bisa makin sering atau bahkan tiba tiba hilang. Selain itu rematik nyerinya juga bisa berpindah-pindah dari satu sendi ke sendi lain
Rasa nyeri mendadak di pagi hari, padahal ketika malam harinya menjelang tidur badan dalam keadaan sehat. Terkadang timbulnya rasa sangat nyeri bisa mengakibatkan susah berjalan.
Gejala rematik juga mungkin bisa muncul seperti:
  • Sendi menjadi bengkak karena cairan yang menumpuk
  • Terasa kaku, terutama pada pagi hari atau setelah lama tidak digerakkan
  • Merah dan terasa panas
  • Terasa sakit akibat peradangan yang aktif
  • Persendian terasa sakit, terutama saat berjalan.
  • Persendian menjadi tidak stabil, terasa kaku, dan membengkak.
  • Jika disentuh, persendian akan terasa hangat.
  • baal dan kesemutan
Kira kira apa yang bisa dilakukan untuk mencegah seseorang terkena penyakit rematik?


Mengurangi stres, berolahraga secara rutin, istirahat yang cukup, dan menjalani pola diet yang seimbang. Berjalan kaki akan dapat membakar kalori, menguatkan otot, lalu dapat membuat tulang semakin berkembang dan kuat. Tetapi ada hal yang perlu diperhatikan dalam melakukam aktivitas, terutama untuk orang yang sudah terserang penyakit rematik, hindari melakukan olahraga yang terlalu berat dengan membebani lutut, seperti misalnya olahraga voli yang cukup memberatkan lutut.

Hindari untuk orang yang sudah terkena penyakit rematik, seperti olahraga bulu tangkis, dan juga olahraga bertarung bela diri.

Untuk ativitas sehari-hari, orang yang sudah terkena rematik juga tidak dianjurkan untuk berdiri terlalu lama. Dianjurkan juga untuk mengkonsumsi buah, Anda dapat memakan buah yang enak dan sehat seperti buah Apel, Alpukat, Semangka, Stawberry dan beberapa buah lainnya.

Selain memakan buah, maka makan juga sayur-sayuran, karena kandungan di dalamnya sangat dibutuhkan oleh tubuh.
Gunakanlah sepatu yang benar-benar nyaman, hindari menggunakan sepatu yang sangat ketat sehingga kaki akan merasa sempit.

Sepatu yang ketat dan sempit tersebut sangat berbahaya untuk kaki, terutama ibu jari kaki yang sulit untuk bergerak. Selain itu, hindari penggunaan sepatu / sandal dengan hak tinggi.

  • kurangi berat badan jika berat badan Anda berlebih
  • bicaralah dengan orang lain, membaca buku atau mendengarkan musik untuk mengatasi stres
  • jangan mengkonsumsi alkohol
·         Anda sebaiknya tidak terlalu sering mandi malam-malam karena yang membuat rematik sebenarnya bukan aktivitas mandinya, tapi air dan udara yang dingin. Keduanya akan dapat memicu pengerutan pada sendi sehingga akan membuat persendian semakin nyeri. Itulah mengapa mandi dengan air hangat di malam hari lebih dianjurkan ketimbang menggunakan air dingin.
 




Apa Yang Harus Saya Lakukan Sekarang?


1. Segera Hubungi Sinshe Jerry.
2. Telepon Dan Buat Janji Waktu Pertemuan.
3. Datang Ke Lokasi Klinik Pada Waktu Yang Telah Ditetapkan Bersama.
4. Bertemu Dengan Sinshe Jerry.
5. Konsultasi Penyakit Dan Keluhan Anda Kepada Sinshe Jerry.
6. Sinshe Jerry Akan Rekomendasikan Pengobatan Yang Akan Anda Lakukan.
7. Lakukan Pengobatan Yang Sinshe Jerry Anjurkan.
Hubungi : Sinshe Jerry
Pluit Kencana 2 No: 11 
Jakarta Utara 14450 Indonesia
Telp:  Mentari 085811128718 / Simpati 081230292696 

Salam Sehat Selalu. 

Izin Pengobatan  No.1.3.01.3175.421/22001/11.16



Tidak ada komentar:

Posting Komentar