Kamis, 13 Juli 2017

67. Penyakit Empedu



Apa itu penyakit empedu?


Kantung empedu berfungsi untuk menyimpan dan mengedarkan empedu, yang terdiri dari lemak, kolesterol, dan cairan tubuh. Empedu digunakan oleh usus kecil untuk menguraikan lemak dari makanan yang masuk ke tubuh, sehingga tubuh akan mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan. Segala masalah pada kantung empedu akan menghambat fungsinya dan mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi yang dapat larut dalam lemak. Oleh karena itu, semua masalah pada organ yang berukuran 4 inci ini harus segera ditangani.
Empedu merupakan cairan dalam kantong empedu yang memiliki peran dalam pencernaan lemak. Apabila cairan ini mengeras akan terbentuk batu empedu.
Untuk ukuran batu empedu sendiri bermacam-macam. Ada seukuran butiran pasir dan ada  yang sebesar pola pingpong. Jumlah batu empedu dalam empedu pun bermacam-macam.
Kantong atau Kandung empedu (gallbladder) adalah organ kecil berbentuk seperti buah pir yang terletak di perut bagian kanan, tepat di bawah hati. Secara normal, kantong empedu memiliki cairan pencernaan yang disebut empedu untuk dilepaskan ke usus kecil. Namun ketika cairan itu membatu maka proses normal akan terganggu sehingga muncullah gejala batu empedu atau penyakit batu empedu. Batu empedu merupakan masalah pada kantung empedu yang paling umum. Terkadang, benjolan yang abnormal dapat timbul di dalam kantung empedu karena menumpuknya kolesterol atau timbunan kalsium yang lama-kelamaan akan mengeras dan menjadi batu. Batu empedu dapat timbul di dalam kantung empedu atau di saluran empedu, yang merupakan saluran penghubung antara kantung empedu dan usus kecil. Batu empedu memiliki ukuran yang beragam, mulai dari 1-2 sampai 3-5 millimeter, dan terkadang jumlahnya lebih dari satu. Batu empedu juga cenderung terus bertambah besar apabila tidak diobati, sehingga dapat meningkatkan risiko penyumbatan.
Batu empedu terkadang dapat menyebabkan lubang pada kantung empedu, biasanya karena tidak ditangani. Kondisi ini merupakan kondisi yang parah dan dapat membahayakan nyawa pasien karena ada kemungkinan infeksi menyebar ke perut.

Kira kira apa penyebab seseorang terkena penyakit empedu?

Batu empedu diduga terbentuk akibat pengerasan kolesterol yang tertimbun dalam cairan empedu. Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara jumlah kolesterol dan  senyawa kimia dalam cairan tersebut.

Kira kira gejala apa yang bisa muncul apabila seseorang terkena penyakit empedu?

Banyak yang memiliki batu empedu namun tidak menimbulkan gejala apapun, gejala batu empedu akan dirasakan ketika batu menyumbat saluran empedu dan menimbulkan peradangan. Pada kebanyakan kasus, gejala utama batu empedu adalah sakit perut, sakit di daerah uluhati, meskipun beberapa orang juga mengalami gejala lain jika penyumbatan lebih parah atau penyumbatan berkembang di bagian lain dari sistem pencernaan.

Kira kira apa yang bisa dilakukan untuk mencegah seseorang terkena penyakit empedu?
  • Lakukan olahraga – Melakukan olahraga secara teratur tidak hanya bisa membantu menjaga berat badan secara seimbang, namun juga bisa membantu menurunkan kolesterol.
  • Konsumsi makanan sehat – Mengkonsumsi makanan yang sehat sangatlah penting untuk mencegah batu empedu.
 




Apa Yang Harus Saya Lakukan Sekarang?


1. Segera Hubungi Sinshe Jerry.
2. Telepon Dan Buat Janji Waktu Pertemuan.
3. Datang Ke Lokasi Klinik Pada Waktu Yang Telah Ditetapkan Bersama.
4. Bertemu Dengan Sinshe Jerry.
5. Konsultasi Penyakit Dan Keluhan Anda Kepada Sinshe Jerry.
6. Sinshe Jerry Akan Rekomendasikan Pengobatan Yang Akan Anda Lakukan.
7. Lakukan Pengobatan Yang Sinshe Jerry Anjurkan.
 
Hubungi : Sinshe Jerry
Pluit Kencana 2 No: 11 
Jakarta Utara 14450 Indonesia
Telp:  Mentari 085811128718 / Simpati 081230292696 

Salam Sehat Selalu. 

Izin Pengobatan  No.1.3.01.3175.421/22001/11.16




 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar