Kamis, 27 Juli 2017

68. Penyakit Prostat



Apa itu penyakit prostat?

Prostat adalah kelenjar berukuran seperti buah  prem yang  terletak di depan anus dan tepat di bawah  kandung kemih Anda, dimana urin disimpan. Kelenjar prostat mengelilingi uretra (saluran kencing dan sperma), yang merupakan kanal dimana urin keluar dari tubuh Anda. Uretra juga mengeluarkan cairan yang membentuk bagian dari air mani.

Kelenjar prostat sering membesar bersamaan dengan bertambahnya usia. Pada saat prostat membesar, kapsul nya (lapisan jaringan disekitarnya) akan berhenti berkembang ke arah luar. Hal ini yang menyebabkan kelenjar prostat akan menekan ke dalam ke arah uretra seperti penjepit pada selang taman.


Akibatnya, dinding kandung kemih menebal dan setiap kontraksi kandung kemih akibat sejumlah kecil urin, akan menyebabkan  lebih seringnya buang air kecil. Akhirnya, kandung kemih melemah  dan kehilangan kemampuan untuk mengosongkan diri sendiri, sehingga mengakibatkan terdapatnya sisa urin tertinggal di kandung kemih.

Prostat adalah kelenjar kecil di panggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi. Prostat berada di bawah kandung kemih di depan rektum. Kelenjar prostat mengelilingi uretra, yaitu saluran yang membawa urine dari kandung kemih ke penis.
Prostat membantu menghasilkan cairan yang menyuburkan dan melindungi sperma. Ketika terjadi ejakulasi, prostat mengeluarkan cairan ini menuju uretra. Cairan yang dikeluarkan akan mengalir bersama dengan sperma sebagai air mani. Prostat sendiri diketahui memiliki fungsi penting dalam tubuh manusia, yakni menghasilkan air mani serta mengeluarkan sperma.
Prostat adalah kelenjar seks pria yang terletak di bawah kandung kemih dan mengelilingi saluran kencing (uretra). Ukuran organ ini dengan diamater empat sentimeter. Semakin bertambah  usia, ukuran prostat akan semakin membesar. Pada pria usia 25-30 tahun prostat mencapai berat maksimal, sekitar 25 gram. Prostat berfungsi mengeluarkan campuran  cairan dan enzim yang diperlukan oleh sperma agar tetap sehat. Ketika pria mencapai usia pubertas, kelenjar prostat mulai membuat cairan  mani. Dan, seiring dengan bertambahnya usia, pria dapat mengalami gangguan prostat diantaranya adalah pembesaran prostat jinak, peradangan prostat, dan kanker prostat.
Penyakit yang berhubungan dengan  prostat adalah masalah  bagi sebagian para pria di mana prostat sendiri adalah kelenjar kecil yang letaknya ada diantara kandung kemih dan penis. Karena hanya dipunyai oleh para laki-laki, penyakit ini pun tentu hanya dialami oleh mereka. Masalah  yang pada umumnya terjadi adalah pembesaran prostat di mana prostat yang tadinya berukuran buah  prem, kemudian menjadi sebesar buah jeruk.

Penyakit prostat adalah salah satu gangguan pada prostat yang ditandai dengan pembengkakan atau peradangan pada kelenjar prostat. Karna berdekatan dengan kandung kemih, setiap gangguan yang terjadi pada prostat selalu menyebabkan masalah buang air kecil.
Masalah gangguan prostatitis jangan dianggap remeh  karena bisa menimbulkan komplikasi impotens yang akan  sangat merugikan anda.

Kira kira apa penyebab seseorang terkena penyakit prostat?

·        Faktor keturunan atau genetik dan usia seseorang bisa meningkatkan risiko munculnya kanker prostat.
·        Merupakan hasil dari penyebaran bakteri di kandung kemih. Bakteri dari kandung kemih dan uretra menyebar ke prostat.
·        Kekebalan tubuh rendah
         Gangguan pada sistem syaraf
         Adanya cedera pada daerah prostat dan sekitarnya

Kira kira gejala apa yang bisa muncul apabila seseorang terkena penyakit prostat?

         Merasa nyeri atau seperti terbakar saat kencing ( disuria ).
         Kesulitan buang air kecil ( dribbling ).
         Sering buang air kecil, terutama pada malam  hari ( nokturia ).
         Rasa tidak nyaman  pada penis dan testis.
         Rasa sakit saat orgasme atau ejakulasi.
         Lebih sering buang air kecil, terutama saat malam  hari
         Merasa nyeri atau  panas pada penis saat buang air kecil atau ejakulasi
         Merasa kandung kemih selalu penuh
         Tekanan saat mengeluarkan urine berkurang
         Merasa nyeri atau butuh waktu lama saat buang air kecil
         Air kencing  keluar saat batuk  atau  tertawa
         Tidak mampu kencing sambil berdiri
         Disfungsi ereksi
         Pancaran kencing lemah, kencing tidak lampias, kencing terputus-putus, saat mulai kencing lama, sering kencing, kencing harus terburu-buru, ngompol atau  kencing menetes, kencing di malam hari lebih dari dua kali. Rasa sakit sewaktu ejakulasi ketika berhubungan seksual, adanya darah di dalam sperma, dan fungsi seksual mengalami penurunan.

Kira kira apa yang bisa dilakukan untuk mencegah seseorang terkena penyakit prostat?


  • Menjalankan pola hidup sehat. Cara yang paling sederhana adalah mengonsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan yang penting bagi prostat, seperti tomat, avokad, dan kacang-kacangan.
  • Seringlah mengonsumsi kubis-kubisan. Beberapa hasil penelitian menyebutkan, pria yang sering mengonsumsi kubis-kubisan kurang berisiko mendapatkan gangguan prostat.
  • Periksakan kesehatan prostat secara rutin. Ini untuk mengantisipasi munculnya gangguan pada prostat. Jika ditemukan suatu masalah, dapat segera memperoleh penanganan.



    Apa Yang Harus Saya Lakukan Sekarang?


    1. Segera Hubungi Sinshe Jerry.
    2. Telepon Dan Buat Janji Waktu Pertemuan.
    3. Datang Ke Lokasi Klinik Pada Waktu Yang Telah Ditetapkan Bersama.
    4. Bertemu Dengan Sinshe Jerry.
    5. Konsultasi Penyakit Dan Keluhan Anda Kepada Sinshe Jerry.
    6. Sinshe Jerry Akan Rekomendasikan Pengobatan Yang Akan Anda Lakukan.
    7. Lakukan Pengobatan Yang Sinshe Jerry Anjurkan.

    Hubungi : Sinshe Jerry
    Pluit Kencana 2 No: 11 
    Jakarta Utara 14450 Indonesia
    Telp:  Mentari 085811128718 / Simpati 081230292696 

    Salam Sehat Selalu. 

    Izin Pengobatan  No.1.3.01.3175.421/22001/11.16


Tidak ada komentar:

Posting Komentar