Jumat, 25 Agustus 2017

76. Penyakit Parkinson



Apa itu penyakit parkinson?


Penyakit parkinson adalah kerusakan otak dan saraf  progresif yang mempengaruhi gerakan (motor system),  penyakit ini bersifat menahun dan berlangsung progresif atau dengan kata lain semakin lama semakin memburuk. Penyakit Parkinson adalah degenerasi sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh. Pengobatan bisa dilakukan untuk menjaga kualitas hidup penderita agar bisa beraktivitas senormal mungkin. Penyakit Parkinson pada tahap awal, gejalanya cenderung ringan dan tidak perlu dilakukan penanganan khusus. Tapi demi mengetahui perkembangan kondisi, pemeriksaan rutin akan dilakukan. Penderita kondisi ini bisa hidup semaksimal mungkin dengan menjalani kemajuan teknik pengobatan dan penanganan yang ada. Seiring dengan berkembangnya penyakit ini, penderita Parkinson akan memerlukan bantuan orang lain dalam melakukan rutinitas sehari-hari. Banyak yang sangat terbantu oleh pengobatan kami.
Awalnya, gejala yang muncul cukup ringan dan mungkin terabaikan. Tetapi gejala-geajla tersebut kemudian akan berangsur-angsur memburuk.
Parkinson disebabkan karena rusaknya neuron, unit terkecil otak manusia yang  berfungsi menyampaikan pesan dari otak ke syaraf yang kemudian akan diteruskan ke anggota tubuh lain dan sebaliknya. Laki-laki lebih rentan terkena Parkinson dibandingkan perempuan

Kira kira apa penyebab seseorang terkena penyakit parkinson?


Terjadi karena hilangnya sel-sel otak yang memproduksi dopamin. Penyakit Parkinson disebabkan oleh rusaknya sel-sel saraf di bagian otak yang disebut substantia nigra yang memproduksi dopamin. Dopamin ini berfungsi sebagai utusan antara bagian-bagian otak dan sistem saraf yang membantu mengontrol dan mengkoordinasikan gerakan tubuh. Jika dopamin di otak kurang, maka akan menyebabkan gerakan tubuh menjadi lambat dan tidak normal lalu timbullah gejala penyakit parkinson.
Penyakit Parkinson memengaruhi bagian kecil dari otak tengah yang bernama susbstantia nigra. Fungsi dari substantia nigra adalah mengirim pesan ke berbagai saraf di  tulang belakang yang berfungsi mengendalikan otot-otot pada tubuh. Pesan akan dikirimkan dari sel otak ke saraf dan otot dengan memanfaatkan senyawa kimia yang disebut neurotransmiter. Salah satu neurotransmiter utama yang dihasilkan oleh sel otak di substantia nigra adalah dopamine.
Pengaturan gerakan dari tubuh sangat dipengaruhi oleh dopamine. Saat jumlah dopamine menurun akan menyebabkan aktivitas otak akan terganggu. Inilah yang menyebabkan munculnya tanda-tanda dan gejala penyakit Parkinson.
Selain karena faktor usia, para ahli menduga benturan keras pada kepala juga bisa memicu parkinson.
1.     Sel Syaraf Pusat Terganggu
Adanya gangguan terutama di bagian otak tengah yang mengatur gerakan manusia dicurigai sebagai penyebab penyakit parkinson. Sel yang ada di otak tengah bernama  substantia nigra bekerja sebagai pengirim sinyal pada bagian tulang belakang. Tulang belakang ini berfungsi sebagai pengendali otot-otot yang ada di dalam tubuh manusia.
Gangguan yang ada di bagian otak tengah terutama di bagian sel syaraf substantia nigra bisa menyebabkan sinyal yang diberikan ke syaraf tulang belakang juga terganggu sehingga pengendalian otot manusia di dalam tubuh pun akan terganggu sehingga manusia tidak bisa mengontrol ototnya sendiri.
2.     Kekurangan Dopamine
Sel syaraf otak tengah yang terganggu akan menghasilkan sedikit dopamine. Dopamine sendiri adalah senyawa kimia yang dihasilkan oleh sel syaraf pusat di otak tengah bernama substantia nigra. Dopamine ini juga berpengaruh terhadap pergerakan tubuh manusia. Ketika jumlah dopamine menurun maka aktivitas yang dilakukan otak menjadi terganggu. Hal itulah yang bisa menyebabkan gejala parkinson atau tanda-tanda penyakit parkinson muncul.

Kira kira gejala apa yang bisa muncul apabila seseorang terkena penyakit parkinson?
Penyakit parkinson berkembang secara bertahap, gejala awal dapat berupa tremor atau gemetaran ringan pada satu tangan. Walaupun gejala parkinson yang paling utama aadalah tremor, namun dapat juga menyebabkan kekakuan atau memperlambat gerakan.
Wajah juga bisa menjadi kaku, kurang ekspresi, dan kurang senyum. Gangguan keseimbangan dan postur tubuh. Orang dengan parkinson lebih cendrung memiliki postur tubuh bungkuk, dan keseimbangan terganggu. Masalah bicara. Bicara menjadi terganggu seperti susah untuk memulai, atau bahkan berbicara terlalu cepat, suara lemah dan monoton, air liur sering menetes. Perubahan penulisan. Tulisan menjadi kecil-kecil dan tampak kesulitan.
  • Tremor. Gemetar diawali pada bagian kaki atau tangan, bahkan jari. Salah satu karakteristik dari Parkinson adalah adanya gerakan tak terkendali pada tangan ketika dalam keadaan rileks.
  • Pergerakan yang melambat. Seiring berjalannya waktu, kemampuan Anda bergerak akan menurun. Anda pun akan lamban dalam bergerak. Langkah Anda ketika berjalan akan menjadi lebih pendek. Bahkan Anda akan kesulitan berdiri dari kursi. Lambat laun, penderita akan menyeret kakinya ketika mencoba melangkah.
  • Gangguan gerakan ‘otomatis’. Anda mungkin akan mengalami penurunan kemampuan untuk menggerakkan tubuh yang seharusnya terjadi otomatis tanpa berpikir dulu, seperti berkedip, tersenyum, atau mengayunkan lengan ketika berjalan.
Kira kira apa yang bisa dilakukan untuk mencegah seseorang terkena penyakit parkinson?
Cara mencegah parkinson perlu diketahui oleh masyarakat awam. Saat ini pencegahan penyebab parkinson  berhubungan dengan syaraf otak yang terganggu sehingga pencegahannya pun berhubungan dengan otak pula. Menjaga keseimbangan syaraf pusat yang ada di otak menjadi hipotesis yang bisa digunakan untuk mencegah penyakit ini.
Pencegahan parkinson ini akan efektif jika dilakukan ketika dalam usia muda, saat usia tua pencegahan dirasa kurang efektif. Alasannya adalah ketika muda sel syaraf pusat masih dalam kondisi prima dibandingkan saat usia tua. 
Pola hidup sehat
Terapkan pola hidup sehat, dengan konsumsi gizi seimbang.

Olahraga
Lakukan olahraga dan aktivitas fisik secara rutin.

Konsumsi sayur dan buah
Tingkatkan konsumsi sayuran dan buah yang mengandung antioksidan, seperti brokoli, raspberry, blueberry, kiwi, dan sayuran serta buah-buahan lainnya.

Lakukan pemeriksaan pada kami.
 




Apa Yang Harus Saya Lakukan Sekarang?

1. Segera Hubungi Sinshe Jerry.
2. Telepon Dan Buat Janji Waktu Pertemuan.
3. Datang Ke Lokasi Klinik Pada Waktu Yang Telah Ditetapkan Bersama.
4. Bertemu Dengan Sinshe Jerry.
5. Konsultasi Penyakit Dan Keluhan Anda Kepada Sinshe Jerry.
6. Sinshe Jerry Akan Rekomendasikan Pengobatan Yang Akan Anda Lakukan.
7. Lakukan Pengobatan Yang Sinshe Jerry Anjurkan.

Hubungi : Sinshe Jerry
Pluit Kencana 2 No: 11 
Jakarta Utara 14450 Indonesia
Telp:  Mentari 085811128718 / Simpati 081230292696 

Salam Sehat Selalu. 

Izin Pengobatan  No.1.3.01.3175.421/22001/11.16



 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar