Senin, 23 Oktober 2017

82. Penyakit Ngorok / Mendengkur



Apa itu penyakit ngorok / mendengkur?


Mendengkur atau kita kenal dengan istilah ngorok ini memang dianggap sebagai gangguan bagi setiap orang, terutama orang-orang yang tidurnya bersama dengan orang ngorok tersebut.
Dengkur adalah getaran yang dihasilkan oleh aliran udara yang melewati saluran pernapasan yang tersumbat sebagian. Suara yang dihasilkan dari getaran ini dapat terdengar halus atau keras (parau) yang mengganggu.
Mendengkur banyak dilakukan oleh sebagian orang saat tidur. Bagi para pendengkur, kondisi ini mungkin tidak mengganggu tidur Anda, namun mendengkur bisa sangat mengganggu pasangan saat tidur.
Jika tidak ditanggulangi, waktu tidur yang seharusnya dimanfaatkan pasangan untuk beristirahat pun menjadi terganggu karena suara berisik yang Anda keluarkan.

Kira kira apa penyebab seseorang terkena penyakit ngorok / mendengkur?

  • Gangguan pada hidung, misalnya penyumbatan yang parah atau sekat lubang hidung yang bengkok
  • Saluran udara yang tersumbat sebagian, misalnya akibat pilek atau alergi yang menyebabkan tonsil membesar.
  • Kelebihan berat badan (obesitas) yang menyebabkan banyaknya jaringan lemak di sekitar tenggorokan.
Mendengkur terjadi karena adanya getaran pada struktur pernapasan sehingga menghasilkan suara, baik lembut atau keras. Suara yang dihasilkan pun terkadang bisa begitu mengganggu indera pendengaran.
Aktivitas yang dikenal juga dengan istilah ngorok ini biasanya disebabkan oleh obesitas, minuman keras, mengonsumsi obat tidur, posisi tidur tertentu, merokok, atau kelainan pada hidung dan tenggorokan. Terutama pada anak-anak, mendengkur bisa disebabkan oleh amandel yang membesar.

Suara dengkur yang besar dihasilkan akibat terhambatnya udara yang melewati struktur saluran pernapasan ketika tidur. Namun secara umum, dengkur terjadi ketika jaringan lunak di langit-langit mulut (soft palate), anak tekak (uvula), dan tenggorokan menjadi rileks pada saat kita memasuki tidur yang lebih dalam (terlelap) setelah tidur selama sekitar 90 menit. Bagian lain yang juga mengalami getaran adalah saluran hidung, dasar lidah, dan tonsil. Otot dan jaringan yang berada di dalam kondisi rileks inilah yang menyebabkan terganggu atau terhalangnya aliran udara yang lewat sehingga terjadilah getaran atau dengkur.

Makin sempit aliran udara, maka makin sulit juga udara melewati saluran pernapasan. Kondisi ini menyebabkan bertambahnya kekuatan aliran udara yang menghasilkan getaran atau suara dengkur makin kuat juga.

Kemungkinan besar seseorang mendengkur adalah ketia dia mengalami kondisi gangguan pada hidung mereka. Maksudnya, seseorang yang mempunyai gangguan pada hidung, resiko untuk mendengkur menjadi lebih besar. Ketika mulut seseorang tertutup dan hidungnya tersumbat, maka otomatis orang itu akan mengambil nafas dengan penuh kekuatan agar dapat mengambil udara untuk bernafas. Hal ini akan meningkatkan tekanan yang negatif dalam saluran aliran udara yang dapat dilihat yang menarik bersama- sama, sehingga jaringan ini akan terkulai ke belakang tenggorokan.

Kira kira gejala apa yang bisa muncul apabila seseorang terkena penyakit ngorok / mendengkur?


  • Suara dengkur yang keras dan mengganggu orang di sekitar penderita.
Kira kira apa yang bisa dilakukan untuk mencegah seseorang terkena penyakit ngorok / mendengkur?
Demi menjaga ketenangan pasangan sekaligus terhindar dari dengkuran tersebut, Anda harus segera menanggulangi kebiasaan buruk ini. Tanggulangi dengan cara-cara alami dan mudah seperti berikut ini.

Ubah Posisi Tidur
Posisi tidur ternyata menentukan apakah Anda mendengkur atau tidak. Menurut sebuah penelitian, tidur dengan posisi terlentang membuat Anda untuk mendengkur. Hal itu terjadi karena tidur dengan bertumpu pada punggung bisa membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak pada mulut menutupi dinding tenggorokan sehingga menyebabkan getaran suara saat tidur. Untuk mengantisipasinya, cobalah tidur dengan posisi menyamping.

Tidur Yang Cukup
Kurang tidur atau memiliki jadwal tidur yang buruk bisa memicu Anda untuk mendengkur. Contohnya Anda terlalu sibuk bekerja hingga lupa meluangkan waktu yang cukup untuk tidur. Ketika Anda sudah mencapai titik kelelahan yang sangat parah, kondisi otot-otot akan berubah menjadi tidak tegang sehingga membuat Anda  tidur mendengkur.

Dengkuran yang disebabkan oleh hidung tersumbat bisa ditangani dengan cara membuka saluran rongga hidung agar tetap terbuka. Sehingga bisa melancarkan peredaran udara.

Jika rongga hidung tersumbat akibat flu atau hal lainnya, maka aliran udara yang masuk bisa berubah menjadi dengkuran.
Untuk mengatasinya, Anda mandi air hangat sebelum tidur.

Alergi bisa memicu Anda untuk mendengkur. Untuk meminimalisasi hal itu, jaga selalu kebersihan kamar tidur Anda. Bersihkan seluruh perabotan pada kamar, seperti tempat tidur, bantal, seprei, dan tirai agar terhindar dari tungau atau kutu.
Sebaiknya hindari tidur bersama hewan piaraan demi terhindar dari ketombe binatang masuk ke rongga hidung Anda.

ANDA DAPAT TERAPI KEPADA KAMI UNTUK MENGATASI NGOROK AKIBAT GANGGUAN NGOROK ATAUPUN AKIBAT LAINNYA.

 





Apa Yang Harus Saya Lakukan Sekarang?


1. Segera Hubungi Sinshe Jerry.
2. Telepon Dan Buat Janji Waktu Pertemuan.
3. Datang Ke Lokasi Klinik Pada Waktu Yang Telah Ditetapkan Bersama.
4. Bertemu Dengan Sinshe Jerry.
5. Konsultasi Penyakit Dan Keluhan Anda Kepada Sinshe Jerry.
6. Sinshe Jerry Akan Rekomendasikan Pengobatan Yang Akan Anda Lakukan.
7. Lakukan Pengobatan Yang Sinshe Jerry Anjurkan.


Hubungi : Sinshe Jerry
Pluit Kencana 2 No: 11 
Jakarta Utara 14450 Indonesia
Telp:  Mentari 085811128718 / Simpati 081230292696 

Salam Sehat Selalu. 

Izin Pengobatan  No.1.3.01.3175.421/22001/11.16


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar