Rabu, 25 Oktober 2017

84. Penyakit Mata Jereng / Juling.



Apa itu penyakit mata jereng / juling?

Mata juling adalah penyakit yang terjadi ketika kedua mata tidak dapat terfokus pada benda yang sama secara bersamaan, juga dikenal sebagai Strabismus. Ketika satu mata terfokus pada sebuah benda, mata yang satunya dapat mengarah ke dalam (mata menyilang), mengarah ke luar (wall eye), mengarah ke bawah (hipotropia), atau mengarah ke atas (hiperopia). Sebagian besar kasus mata juling sudah terjadi sejak lahir dan apabila penyakit ini tidak diobati saat kecil, kemungkinan besar penyakit ini akan terus bertahan sampai pasien dewasa.

Kesalahpahaman yang sering terjadi tentang mata juling pada anak adalah bahwa penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya seiring anak bertambah dewasa. Sayangnya, mata juling tidak dapat sembuh atau pulih dengan sendirinya. Bahkan, apabila tidak ditangani, penyakit ini kemungkinan akan berkembang menjadi penyakit penglihatan ganda.

Mata juling tidak hanya dapat memengaruhi penglihatan. Sebagian besar pasien juga mengalami efek psikologis karena mereka akan terus menerus mencemaskan penampilan mereka. Banyak pasien yang menghindari bersosialisasi dengan orang lain karena mereka takut akan diperlakukan secara berbeda.

Kira kira apa penyebab seseorang terkena penyakit mata jereng / juling?
Selain karena faktor keturunan, mata juling juga dapat disebabkan oleh faktor lain, seperti gangguan sistem saraf. Mata juling sering dikategorikan menjadi mata juling dengan “sudut yang besar” (mata yang sangat tidak sejajar dan sangat terlihat) atau “sudut yang kecil” (ketidaksejajaran mata hanya sedikit dan tidak terlalu terlihat).

Mata juling bisa terjadi karena faktor bawaan (congenital) sejak bayi lahir atau selama 6 bulan sampai usia 2,5 tahun pertama, Gangguan otot dan saraf , Trauma mata seperti pernah tertusuk benda tajam/tumpul, Cedera yang dialami saat kelahiran.

Kira kira gejala apa yang bisa muncul apabila seseorang terkena penyakit mata jereng / juling?
Gejala utama dari mata juling adalah penglihatan yang buruk yang disebabkan oleh mata yang tidak sejajar. Beberapa pasien hanya mengalami beberapa saat di mana penglihatan mereka memburuk akibat mata juling yang sering hilang timbul, namun pasien lainnya selalu memiliki penglihatan yang buruk.

Pasien yang posisi bola matanya tidak normal saat diajak berbicara atau melakuan sesuatu gerakan yang tidak disadari oleh pemilik mata tersebut. Mata juling ditandai oleh posisi bola mata yang tidak normal, yaitu misalnya ketika diajak berbicara mereka seolah tak memandang kita. Atau kedua kornea mata kiri dan kanan yang bertemu ditengah-tengah.

Kelainan mata ini adalah suatu keadaan dimana mata mengalami penyimpangan yang tidak normal dari letak satu mata terhadap mata yang lainnya, sehingga garis penglihatan menjadi tidak sejajar dan pada waktu yang bersamaan kedua mata tersebut tidak tertuju pada benda yang sama.

Pasien juga dapat mengalami gejala psikologis karena banyak pasien yang merasa malu dan kurang percaya diri.

Gejala akibat mata juling kemungkinan akan memengaruhi kehidupan sehari-hari pasien, oleh karena itu sebaiknya penyakit ini diobati secepat mungkin.

Kira kira apa yang bisa dilakukan untuk mencegah seseorang terkena penyakit mata jereng / juling?
Perawatan atau pengobatan yang biasa dilakukan untuk penderita mata juling tergantung dari tipe mata juling tersebut. Biasanya dimulai dengan terapi pemulihan kesatuan titik pandang dan bisa dilakukan pada kami. Dimana mata yang juling ke luar atau kedalam atau keatas atau kebawah akan disetel kembali ke titik tengah dan menjadi normal kembali.

Jika Anda mengalami gejala-gejala kondisi mata juling, segera periksakan ke kami. Jangan menunda-nunda pemeriksaan karena dapat menyebabkan gangguan penglihatan pada Anda.








Apa Yang Harus Saya Lakukan Sekarang?


1. Segera Hubungi Sinshe Jerry.
2. Telepon Dan Buat Janji Waktu Pertemuan.
3. Datang Ke Lokasi Klinik Pada Waktu Yang Telah Ditetapkan Bersama.
4. Bertemu Dengan Sinshe Jerry.
5. Konsultasi Penyakit Dan Keluhan Anda Kepada Sinshe Jerry.
6. Sinshe Jerry Akan Rekomendasikan Pengobatan Yang Akan Anda Lakukan.
7. Lakukan Pengobatan Yang Sinshe Jerry Anjurkan.



Hubungi : Sinshe Jerry
Pluit Kencana 2 No: 11 
Jakarta Utara 14450 Indonesia
Telp:  Mentari 085811128718 / Simpati 081230292696 

Salam Sehat Selalu. 

Izin Pengobatan  No.1.3.01.3175.421/22001/11.16


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar