Jumat, 03 November 2017

87. Penyakit Mata Silinder



Apa itu penyakit silinder?
Mata silinder memiliki istilah medis astigmatism. Istilah tersebut mengacu pada kondisi mata yang mengalami penglihatan kabur dan berbayang karena bentuk kornea atau lensa mata tidak cembung sempurna.

Astigmatisme atau  mata silindris merupakan kelainan pada mata yang disebabkan oleh karena lengkung kornea mata yang tidak merata. Kelainan refraksi ini bisa mengenai siapa saja tanpa peduli status sosial, umur dan jenis kelamin.

Bola mata dalam  keadaan  normal berbentuk seperti bola sehingga sinar atau bayangan yang masuk dapat ditangkap pada satu titik di retina (area sensitif mata). Pada orang astigmatisme, bola mata berbentuk lonjong seperti telur sehingga sinar atau bayangan yang masuk ke mata sedikit menyebar alias tidak fokus pada retina. Hal ini menyebabkan bayangan yang terlihat akan  kabur dan hanya terlihat jelas pada satu titik saja. Disamping itu, bayangan  yang agak jauh akan  tampak  kabur dan bergelombang.

Mata silinder atau astigmatisme (medis) adalah sebuah kondisi dimana bentuk permukaan mata yang disebut kornea atau lensa mata yang terletak lebih dalam, memiliki perbedaan kelengkungan pada permukaannya. Mata normal akan memiliki permukaan yang merata pada setiap arahnya, namun pada astigmatisme terdapat beberapa daerah pada permukaan yang sebagian  rata atau cenderung dalam. Ibaratkan seperti telur atau bola rugby (normalnya seperti bola). Keadaan ini menyebabkan sinar yang masuk ke mata akan dibiaskan tidak pada satu  titik fokus sehingga objek yang dilihat adalah tidak jelas dan berbayang.

Kira kira apa penyebab seseorang terkena penyakit silinder?
Mata memiliki beberapa komponen kunci agar bisa melihat dengan baik. Salah satunya adalah sistem optik mata yang terdiri dari kornea dan lensa. Keduanya bahu-membahu untuk membuat cahaya masuk terfokus membentuk gambar yang sempurna di retina.
Pada penderita mata silinder, kornea mengalami ketidaksempurnaan bentuk. Kornea seharusnya memiliki bentuk cembungan yang sempurna, menyerupai lengkungan pada bola. Pada mata silinder, cembungan bola mata menyerupai bola rugbi. 

Ketidaksempurnaan cembungan pada lensa juga bisa menyebabkan mata silinder.
Ketika cembungan yang terbentuk tidak sempurna alias tidak rata, maka mata silinder otomatis akan diderita. Sebab, cahaya yang masuk dari kornea tidak difokuskan pada satu titik di retina sehingga membuat penglihatan kabur.

Selain kecacatan bentuk yang biasanya sudah didapat sejak lahir, beberapa kondisi berikut bisa menyebabkan mata silinder.
  • Infeksi yang mengakibatkan jaringan parut pada kornea.
  • Melakukan operasi mata yang menyebabkan adanya perubahan kornea.
  • Terjadi pembengkakan, penipisan, atau  perubahan pada kornea.
  • Kondisi yang memengaruhi kelopak mata sehingga membuat kornea terganggu.
Faktor Keturunan  

Merupakan salah satu penyebab utama timbulnya suatu jenis penyakit, termasuk mata silinder ini. Penelitian yang telah dilakukan menyebutkan  bahwa kebanyakan penderita mata silinder memiliki faktor keturunan pada keluarganya yang pernah atau sedang menggunakan kacamata silinder. 

Radiasi cahaya 

Kebiasaan buruk sering menggunakan mata melebihi kemampuannya, yaitu dengan memaksa mata untuk tetap aktif melihat padahal mata anda telah memberi suatu respon untuk beristirahat, dapat menjadi penyebab awal mata silinder, terutama akibat radiasi cahaya yang ditimbulkan dari sinar radiasi TV, cahaya monitor komputer. Penyebab mata silinder lainnya yang sering tidak disadari antara lain; membaca dalam pencahayaan yang lebih atau kurang terang, membaca sambil tiduran, ataupun waktu istirahat mata yang kurang akibat sering begadang.

Kira kira gejala apa yang bisa muncul apabila seseorang terkena penyakit silinder?

Tanda dan gejala paling umum yang dirasakan penderita mata silinder adalah penglihatan kabur atau berbayang. Penderita menjadi sering memicingkan mata ketika melihat jauh maupun dekat. Selain itu, penderita biasanya mengeluh kesulitan membaca tulisan yang kecil. Sakit kepala, mata tegang, dan lelah setelah membaca atau  memakai komputer adalah beberapa keluhan yang mungkin muncul jika kondisi ini tidak diobati. Pada gangguan mata silinder yang ringan, gangguan penglihatan mungkin tidak terjadi secara signifikan.

Seseorang yang memiliki mata silinder pada kornea ataupun  lensa mata, maka sinar sejajar yang masuk ke dalam mata tidak dapat dibiaskan dengan kekuatan yang sama pada seluruh bidang pembiasan, sehingga fokus benda pada retina tidak pada satu titik. Akibatnya objek yang terlihat akan membentuk sebuah lengkungan bahkan terlihat sebagai bentuk yang berbeda, baik yang dilihat pada jarak dekat ataupun jarak jauh.

Sebagai contoh apabila melihat huruf : O, C, D, G akan terbaca seperti angka : 3, 8, 6, 0. Selain hal tersebut tanda dan gejala umum lainnya adalah penglihatan kabur atau berbayang. Penderitanya menjadi sering memicingkan mata pada saat melihat jauh  maupun dekat, mengeluh kesulitan membaca tulisan yang kecil, bahkan sakit kepala, mata tegang, dan lelah setelah membaca atau menggunakan komputer.

Kira kira apa yang bisa dilakukan untuk mencegah seseorang terkena penyakit silinder?
Cara ampuh untuk mengatasinya, seperti di bawah ini:

Kompres Mata Menggunakan Air Hangat

Kompres mata adalah cara yang mudah dan bisa dilakukan ketika Anda tengah memiliki waktu senggang di rumah. Gunakan air hangat untuk mengompres mata setiap hari dan biarkan mata rileks tanpa bergantung dengan kacamata maupun lensa kontak. Kompres mata adalah cara alami yang akan  membantu mengurangi ketegangan pada mata dan membuatnya lebih lentur.

Olahraga Mata

Sebelum tidur maupun saat bangun tidur, cobalah untuk membuat mata Anda aktif dengan melatihnya supaya lentur. Buka mata supaya oksigen yang didapatkan pun cukup, hanya dengan menggerakan kedua mata ke kanan dan ke kiri, lalu biarkan pandangan mengarah lurus ke depan. Lanjutkan dengan menekan perlahan kedua pelipis mata kiri dan kanan menggunakan dua tangan Anda, kemudian berilah pijatan lembut yang memutar seperti arah jarum jam. Jangan ketinggalan untuk memberikan pijatan juga di belakang kepala bagian bawah.

Menjauhi Kebiasaan Buruk

Untuk membuat kondisi mata tak bertambah serius, cobalah untuk menjauhkan diri dari kebiasaan tak sehat untuk mata, seperti membaca terlalu dekat, membaca terlalu lama, membaca di tempat gelap, menonton TV terlalu dekat, serta terlalu lama di depan komputer (entah  itu bermain game atau browsing internet). Semua kegiatan ini akan menambah tingkat keletihan pada mata Anda.

Seperti yang sudah diketahui diatas kalau mata silinder adalah salah satu jenis penyakit yang masuk ke dalam kategori BERBAHAYA dan penderita penyakit mata silinder sangat dianjurkan untuk melakukan langkah pengobatan sejak dini apabila ingin terhindar dari resiko tinggi untuk terkena dampak buruk dari mata silinder.
 





Apa Yang Harus Saya Lakukan Sekarang?


1. Segera Hubungi Sinshe Jerry.
2. Telepon Dan Buat Janji Waktu Pertemuan.
3. Datang Ke Lokasi Klinik Pada Waktu Yang Telah Ditetapkan Bersama.
4. Bertemu Dengan Sinshe Jerry.
5. Konsultasi Penyakit Dan Keluhan Anda Kepada Sinshe Jerry.
6. Sinshe Jerry Akan Rekomendasikan Pengobatan Yang Akan Anda Lakukan.
7. Lakukan Pengobatan Yang Sinshe Jerry Anjurkan.

Hubungi : Sinshe Jerry
Pluit Kencana 2 No: 11 
Jakarta Utara 14450 Indonesia
Telp:  Mentari 085811128718 / Simpati 081230292696 

Salam Sehat Selalu. 

Izin Pengobatan  No.1.3.01.3175.421/22001/11.16



  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar