Selasa, 14 November 2017

89. Penyakit Kista / Mioma



Apa itu penyakit kista?


Kista umumnya banyak terjadi pada wanita dewasa pada alat organ reproduksi yang mengalami kelainan berupa kista yakni kista ovarium atau kista indung telur. Kista dapat bersifat jinak dan ganas.

Kista ovarium atau kista indung telur memiliki variasi jenis dilihat dari jaringan yang membentuk dan jenis cairan yang dikandung dan terjadi di dalam indung telur. Misalnya, kista endometriosis yang cairannya berupa darah haid dan kista dermoid yang tediri dari jaringan pada gigi, rambut dan lemak.

Kista dan miom merupakan jenis tumor yang banyak terjadi pada organ kewanitaan dan dialami wanita dalam jumlah yang cukup tinggi. Kista ovarium dan mioma uteri sangat mengganggu proses dari reproduksi terutama ketika terjadinya kehamilan. Bila kehamilan itu terjadi, maka kedua tumor jenis ini akan mengganggu kehamilan dan memiliki resiko yang cukup tinggi pada wanita dan janin dalam kandungannya.

Salah satu contoh resiko yang mungkin terjadi, apabila seorang wanita yang sedang dalam masa kehamilannya menderita atau memiliki mioma dapat mengakibatkan keguguran. Sedangkan jika seorang wanita dalam masa kehamilannya memiliki atau menderita kista ovarium yang cukup besar dapat mengalami kista terpuntir yang merupakan kondisi akut dan menghalangi bayi untuk lahir secara normal.

Mioma yang terjadi pada rahim pada wanita yang sedang dalam masa kehamilan dapat menyebabkan kelainan letak janin (posisi janin melintang). Namun mioma yang terjadi pada wanita yang tidak hamil, mioma dapat mengakibatkan kelainan pada siklus menstruasi yang membuat menstruasi tidak  teratur dan bertambah banyak. Namun hal tersebut dapat terjadi dilihat dari ukuran dan dan letak mioma.

Kista adalah suatu kantong yang berisi cairan kental, nanah, udara atau pun bahan lainnya yang bisa saja tumbuh di  mana saja dan jenis kista sangat bermacam macam. Ada yang bentuk kista dan ada pula yang berbentuk buah anggur. 

Kemungkinan untuk hamil bagi para penderita miom memang lebih kecil, oleh karena terjadi penyempitan pada bagian mulut rahim sehingga menyebabkan sperma sulit masuk. Demikian juga bila miom terjadi di dinding rahim, akan menyebabkan penempelan sel telur yang telah dibuahi tidak bisa bekerja dengan baik.

Kista bisa saja terjadi pada bagian payudara, ginjal, hati, namun yang paling sering terjadi kista pada bagian organ intim wanita.

Kista termasuk tumor jinak yang terbungkus oleh selaput semacam jaringan. Bentuknya kistik dan ada pula yang berbentuk seperti anggur. Kista dapat berisi udara, cairan kental, maupun nanah. Kumpulan sel-sel tumor itu terpisah dengan jaringan normal di sekitarnya dan tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Kira kira apa penyebab seseorang terkena penyakit kista?
Penyakit kista miom terjadi akibat dari ketidakseimbangan antara hormon endrogen dan estrogen yang dimiliki wanita yang faktor penyebab kista paling utama adalah faktor makanan yang umumnya banyak mengandung lemak, kolesterol tinggi, makanan dengan banyak mengandung gula dan faktor psikologis.

Selain itu penyebab kista juga bisa di pengaruhi oleh hormon, perubahan hormon yang disebabkan oleh obat yang dikonsumsi bisa memicu adanya kista pada tubuh. penyebab kista pun juga bisa dipengaruhi oleh infeksi panggul, wanita memang lebih rentan untuk mengalami infeksi panggul. infeksi panggul yang parah lah yang bisa menjadi penyebab kista. oleh sebab itu mengetahui penyebab kista sangat perlu agar dapat mencegahnya.
Ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya penyakit miom. Yang paling sering terjadi adalah infeksi karena adanya jamur pada rahim yang dapat memicu terjadinya miom.

Kira kira gejala apa yang bisa muncul apabila seseorang terkena penyakit kista?
Gejala yang mungkin dirasakan nyeri perut, badan lesu dan sering pusing. Haid juga tidak lancar.

Secara fisik biasanya perut wanita yang mengalami miom akan tampak lebih besar seperti orang hamil. Terjadi rasa nyeri pada pinggul atau perut. Penderitanya bisa menjadi sering buang air kecil karena kantung kemih nya dalam posisi tertekan. Gejala lain yang mungkin menjadi indikasi terjadinya miom adalah haid yang tidak teratur, terjadinya rasa nyeri hebat pada saat masa haid, haid lama dan darah keluar dalam jumlah banyak dan juga bisa ditandai dengan rasa nyeri pada saat berhubungan.
  • Menstruasi yang tidak teratur atau berubah.
  • Nyeri pada tulang panggul beberapa saat sebelum atau setelah menstruasi.
  • Nyeri pada tulang panggul saat berhubungan seks.
  • Sering buang air kecil.
  • Sulit buang air besar.
  • Proses pencernaan yang tidak lancar.
  • Perut terasa kembung.
  • Lebih cepat merasa kenyang dibanding biasanya.
  • Pusing kepala.
Kira kira apa yang bisa dilakukan untuk mencegah seseorang terkena penyakit kista?
Apabila ingin hidup sehat dan terhindar dari penyakit, khususnya dari penyakit kista, dapat melakukan hidup sehat dengan memakan makanan yang bergizi dan seimbang, yang disertai dengan olahraga dan istirahat yang cukup.
  • Berolahraga yang cukup
  • Menjalankan pola hidup sehat
  • Bagi pasangan yang sudah menikah, usahakan hamil sesegera mungkin karena hal ini dapat mencegah pembentukan kista melalui cara mengurangi frekuensi haid dan aktivitas hormon.
 




Apa Yang Harus Saya Lakukan Sekarang?


1. Segera Hubungi Sinshe Jerry.
2. Telepon Dan Buat Janji Waktu Pertemuan.
3. Datang Ke Lokasi Klinik Pada Waktu Yang Telah Ditetapkan Bersama.
4. Bertemu Dengan Sinshe Jerry.
5. Konsultasi Penyakit Dan Keluhan Anda Kepada Sinshe Jerry.
6. Sinshe Jerry Akan Rekomendasikan Pengobatan Yang Akan Anda Lakukan.
7. Lakukan Pengobatan Yang Sinshe Jerry Anjurkan.

Hubungi : Sinshe Jerry
Pluit Kencana 2 No: 11 
Jakarta Utara 14450 Indonesia
Telp:  Mentari 085811128718 / Simpati 081230292696 

Salam Sehat Selalu. 

Izin Pengobatan  No.1.3.01.3175.421/22001/11.16



Tidak ada komentar:

Posting Komentar