Selasa, 21 November 2017

90. Penyakit Kulit Keloid



Apa itu penyakit keloid?
Keloid adalah pertumbuhan jaringan ikat yang tumbuh berlebihan pada kulit bekas luka. Secara normal, ketika kulit terluka, maka akan terjadi proses penyembuhan, dimana jaringan fibrosa atau yang sering disebut dengan jaringan ikat terbentuk diatas luka guna memperbaiki dan melindungi luka. Hanya saja pada beberapa kasus, jaringan ikat ini tumbuh secara berlebihan, hingga menebal, menonjol, melebar dengan permukaan yang licin, dan teraba kebagian atas. Inilah yang disebut dengan keloid, dengan istilah lain keloid adalah bekas luka yang menebal.

Keloid adalah penyakit kulit yang terjadi akibat pertumbuhan jaringan luka yang tidak normal atau berlebih setelah pulihnya cedera atau luka yang dalam. Keloid merupakan lesi kulit berserat yang tidak berpotensi menjadi ganas. Jaringan luka, yang juga dikenal sebagai jaringan fibrosa, tumbuh untuk memperbaiki dan memperbarui kulit setelah cedera. Namun, dalam beberapa kasus, jaringan luka tumbuh menjadi terlalu besar, sehingga timbul keloid. Studi telah membuktikan bahwa hal ini terjadi ketika mekanisme perbaikan tubuh kehilangan kendali sehingga terjadi proses pemulihan luka yang tidak normal.

Walaupun dapat tumbuh di semua bagian tubuh, keloid lebih sering ditemukan di bagian tubuh yang sering terkena tekanan seperti dada atas, lengan, dan bagian depan leher. Keloid juga biasanya tumbuh ketika bekas luka ada di bagian tubuh yang melewati garis tekanan kulit.

Kulit yang menggelembung dan berwarna lebih cokelat dari warna aslinya itulah yang dikenal sebagai keloid. Dalam beberapa kasus, keloid bahkan bisa menjadi sangat besar dan tentu saja tidak sedap dipandang mata. Selain mengganggu secara estetika, keliod terkadang bisa menyebabkan rasa gatal yang terus menerus, dan terkadang muncul rasa nyeri ketika dipegang atau disentuh. Parahnya lagi, keloid kebanyakan pada wanita menyebabkan munculnya rasa tidak percaya diri.

Kira kira apa penyebab seseorang terkena penyakit keloid?
Penyakit kulit ini disebabkan oleh kelebihan pertumbuhan jaringan yang dihasilkan tubuh saat regenerasi jaringan.

Beberapa jenis luka juga lebih berisiko untuk tumbuh menjadi keloid, yaitu:
  • Jerawat
  • Luka bakar
  • Cacar air
  • Garukan
  • Tindik telinga
  • Sayatan yang dibuat saat operasi
  • Bekas suntik vaksinasi
Kira kira gejala apa yang bisa muncul apabila seseorang terkena penyakit keloid?
Berikut ini adalah tanda-tanda dari keloid:
  • Berwarna cerah, merah muda, atau merah
  • Menonjol (benjolan) atau berkerut
  • Gatal
  • Lunak
  • Mudah mengalami iritasi apabila terkena gesekan
  • Terus bertambah besar
  • Warnanya menjadi lebih gelap dari kulit sekitarnya ketika terkena sinar matahari
Kira kira apa yang bisa dilakukan untuk mencegah seseorang terkena penyakit keloid?

Keloid adalah bekas luka yang tumbuh. Jadi, ketika kulit Anda luka, entah itu akibat tergores, terpotong, atau tergigit, tubuh akan langsung menghasilkan protein dalam bentuk kolagen untuk menyembukan dan menutup luka. Kolagen akan membuat luka menjadi mulus dan terlihat seperti permukaan kulit sebelumnya.

Namun orang yang mengalami keloid, bekas luka terus ‘tumbuh’ dan akhirnya menonjol layaknya daging yang tumbuh. Umumnya, keloid bersifat jinak, tetapi jika bekas luka terus tumbuh maka dapat berisiko kanker kulit.

Anda dapat mencegah faktor risiko yang dapat membuat keloid muncul, seperti menghindari luka pada kulit, hindari menato atau menindik bagian tubuh.





Apa Yang Harus Saya Lakukan Sekarang?


1. Segera Hubungi Sinshe Jerry.
2. Telepon Dan Buat Janji Waktu Pertemuan.
3. Datang Ke Lokasi Klinik Pada Waktu Yang Telah Ditetapkan Bersama.
4. Bertemu Dengan Sinshe Jerry.
5. Konsultasi Penyakit Dan Keluhan Anda Kepada Sinshe Jerry.
6. Sinshe Jerry Akan Rekomendasikan Pengobatan Yang Akan Anda Lakukan.
7. Lakukan Pengobatan Yang Sinshe Jerry Anjurkan.

Hubungi : Sinshe Jerry
Pluit Kencana 2 No: 11 
Jakarta Utara 14450 Indonesia
Telp:  Mentari 085811128718 / Simpati 081230292696 

Salam Sehat Selalu. 

Izin Pengobatan  No.1.3.01.3175.421/22001/11.16



Tidak ada komentar:

Posting Komentar