Kamis, 30 November 2017

91. Penyakit Polip



Apa itu penyakit polip?
Penyakit Polip merupakan sebuah kondisi dimana peradangan sehingga mengakibatkan benjolan daging atau tumor yang memiliki cabang pada rongga hidung yang mengakibatkan adanya tonjolan.Penyakit polip merupakan penyakit yang sangat mengganggu pernafasan,biasanya penyakit ini tumbuh didearah dimana selaput lender membengkak akibat penimbunan cairan seperti daerah sinus pada rongga hidung.Seseorang yang mengidap penyakit polip bisa mersakan adanya penyakit ini,karena penyakit ini dapat dirasakan ketika kita memasukkan jari kita kedalam lubang hidung.Bentuk dari penyakit polip iini menyerupai air mata dimana menggelantung pada rongga hidung.Secara umum biasanya penyakit polip hanya tumbuh diorgan manusia yitu hidung namun ternyata polip juga bisa tumbuh di organ lain seperti rahim dan usus.Penyakit polip bisa terjadi karena adanya jaringan epitel yang berlebihan.Jadi bisa disimpulkan bahwa polip bisa terjadi karena adanya pembengkakan akibat adanya infeksi.Penyakit poliip ini bisa digolongkan menjadi dua golonganyaitu polip ganas dan polip jinak.Penyakit polip biasanya terjadi pada orang yang berusia diatas 20 tahun,namun hal ini tidak bisa menjadi acuan bahwa orang yang berada dibawah 20 tahun tidak bisa terkena penyakit polip.Penyakit polip ini tentu bisa teridap oleh siapa saja ,apalagi jika orang yang memiliki penyakit seperti rinitis alergika,penyakit asma,sinusitis kronis dan fibrosis kritik.

Kira kira apa penyebab seseorang terkena penyakit polip?
Penyakit polip ini tidak terjadi begitu saja namun juga ada hal-hal yang bisa memicu adanya penyakit polip yaitu radang kronis yang terjadi secara berulang-ulang pada bagian mukosa hidung dan juga sinus paranasal.Selain itu penyakit polip bisa terjadi oleh dorongan atau dipicu oleh penyakit lain seperti :

1. Alergi rinithis
Alergi rinithis merupakan alergi debu.Alergi debu bisa memicu adanya polip sehingga jika seseorang memiliki alergi debu harus selalu berhati-hati dan menjaga kondisi tubuhnya agar terhindar dari polip dikarenakan orang yang memiliki alergi debu inilah yang memiliki potensi yang cukup besar teridap polip.

2. Penyakit asma
Penyakit polip merupakan penyakit dimana terjadi penyumbatan saluran udara pada hidung yang diakibatkan oleh tumbuhnya daging pada saluran udara sehingga. Demikian juga dengan penyakit merupakan penyakit gangguan pernafasan. Gangguan pernafasan inilah yang memicu adanya polip.

3. Sindrom Churg Strauss
Sindrom Churg Straus merupakan penyakit yang sangat memicu adanya penyakit polip hal ini dikarenakan adanya peradangan pada pembuluh darah.

4. Fibrosis Kristik
Penyakit ini merupakan penyakit yang memicu adanya polip dan merupakan penyakit yang selalu berdampingan dengan penyakit polip.Fibrosis kristik merupakan kondisi dimana adanya produksi lendir secara berlebihan.Sehingga biasanya pada penderita polip akan terjadi peningkatan produksi lendir.

Selain karena faktor-faktor dorongan oleh penyakit,polip juga bisa terjadi karena gangguan oleh kondisi tubuh seperti selalu menghasilkan cairan lendir dikarenakan adamya kelainan pada kondisi tubuh .Selain itu memiliki alergi pada debu juga akan meningkatkan resiko terkena polip,adanya infeksi oleh virus,jamur dan bakteri juga bisa memunculkan penyakit polip pada tubuh. Faktor lain pemicu munculnya polip selain faktor kondisi tubuh dan faktor dorongan oleh penyakit lain juga terdapat faktor genetika atau faktor keturunan.

Kira kira gejala apa yang bisa muncul apabila seseorang terkena penyakit polip?
Ciri-Ciri Polip
Penyakit polip merupakan penyakit yang bisa diketahui melalui cirri-cirinya seperti yang akann dijelaskan dibawah ini :

1. Hidung tersumbat
Ciri-ciri yang biasanya muncul pada penyakit polip dan merupakan cirri-ciri yang pasti terjadi yaitu hidung tersumbat.Hidung tersumbat pasti akan dialami oleh penderita penyakit polip dikarenakan terjadi adanya penyempitan pada saluran pernafasan karena pada saluran pernafasan inilah bisanya polip tumbuh.Ciri-ciri yang biasanya muncul menemani hidung tersumbat yaitu hidung meler atau yang biasanya disebut sebagai pilek.

2. Daging tumbuh
Daging tumbuh yang dimaksud merupakan daging yang muncul didalam hidung karena daging tumbuh inilah yang bisa disebut sebagai polip.Orang-orang biasa menyebut daging tumbuh ini dengan sebutan tumor hidung.Daging yang tumbuh dalam hidung ini biasanya berwarna putih keabu-abuan.Jika daging tumbuh ini dibiarkan maka warnanya akan berubah yaitu akanmenjadi kemerah-merahan bahkan akan menjadi kekuning-kuninhan dan semakin lama akan menjadi gelap selain terjadinya perubahan warna juka akan terjadi perubahan tekstur padadaging tersebut yaitu tekstur akan beruubah menjadi lebih kenyal.

3. Penurunan indra penciuman
Penyakit polip dapat diindentifikasi juga dari penurunan indra penciuman seseorang. Biasanya penurunan indra penciuman terjadi pada polip yang sudah parah.Penurunan indra penciuman ini tentu akan sangat menggangu pada penderitanya.Penurunan indra penciuman terjadi karena adanya sumbatan pada hidung dan menurunnya fungsi kerja pada hidung akibat efek dari adanya penyakit polip.

4. Sakit kepala
Ciri-ciri ini diibaratkan menjadi cirri-ciri pasti dari adanya penyakit polip pada hidung. sering Sakit kepala merupakan respon dari tubuh yang disampaikan kepada otak untuk memberi tahu otak adanya ketidakberesan pada tubuh atau adanya gangguan pada tubuh.Adanya sumbatan pada hidung ini menyebabkan kurangnya sirkulasi udara atau kurangnya pemasukan oksigen tubuh sedangkan tubuh harus tetap mendapatkan oksigen yang cukup hal ini tentu mengakibatkan otak kekurangan oksigen sehingga tubuh penderita penyakit polip akan merasakan sakit kepala karena adanya kurang pemasukan oksigen pada otak.

5. Bersin
Seseorang yang mengalami penyakit polip pasti akan mengalami bersin. Bersin tersebut dipicu oleh adanya jaringan baru yang tumbuh dalam hidung, bersin ini sering disebut dengan flu.

6. Tidur Mendengkur
Tidur mendengkur ini bisa terjadi karena adanya penghalang oleh masuknya jumlah udara. Pendengkuran pada penderita polip biasanya terjadi pada sesorang yang kadar pertumbuhan polipnya sudah besar,maksud pertumbuhan polip yang sudah besar ini adalah pertumbuhan daging yang sudah mulai besar yang menyebabkan menjadi penghalang oleh masuknya jumlah udara sehingga seseorang yang menjadi penderita polip dalam tidurnya biasanya akan cenderung mendengkur.

7. Cairan lendir yang masuk kedalam tenggorokan
Pada penderita polip akan mengalami peningkatan produksi mukosa .Produksi mukosa tersebut akan memunculkan dampak pada kondisi hidung,hidung akan cenderung berair dan cairannya tersebut akan mengakibatkan lendir yang jatuh ketenggorokan.

8. Sakit pada wajah
Seseorang bisa mengetauhi kondisinya tentang seseorang tersebut mengidap penyakit polip atau tidak bisa diketahui dengan cirri-ciri ini.Di dalam pipi terdapat sebuah rongga udara,dalam rongga udara inilah biasanya polip akan tumbuh.Jika polip tumbuh pada rongga udara kecil tersebut akan mengakibatkan sakit pada bagian wajah dan tentu sakit ini akan sangat mengganggu oleh penderitan polip.

Kira kira apa yang bisa dilakukan untuk mencegah seseorang terkena penyakit polip?


Penyakit polip ini bukan penyakit yang muncul tanpa sebab.Penyakit muncul karena ada kesalahan-kesalahan baik dari kebersihan dll.Maka dari itu agar tubuh terhindar dari penyakit polip maka kita harus menjaga kebersihan tubuh apalagi kebersihan hidung.Maka dari itu kita harus selalu mencuci tangan kita sebelum memegang hidung karena sebuah bakteri bisa masuk ke hidung akibat tangan kotor yang membawa bakteri sehingga mengakibatkan munculnya penyakit polip.Selain itu kita juga harus menjaga lancarnya sirkulasi udara dalam rumah dan hidung dan menghindari menghirup udara kotor  karena udara yang kotor bisa membawa berbagai bakteri yang memicu adanya polip.Menghindari menghirup udara yang kotor bisa dilakukan dengan menggunakan masker ketika bepergian keluar apalagi jika akan mengendarai kenderaan dijalan.
 




Apa Yang Harus Saya Lakukan Sekarang?


1. Segera Hubungi Sinshe Jerry.
2. Telepon Dan Buat Janji Waktu Pertemuan.
3. Datang Ke Lokasi Klinik Pada Waktu Yang Telah Ditetapkan Bersama.
4. Bertemu Dengan Sinshe Jerry.
5. Konsultasi Penyakit Dan Keluhan Anda Kepada Sinshe Jerry.
6. Sinshe Jerry Akan Rekomendasikan Pengobatan Yang Akan Anda Lakukan.
7. Lakukan Pengobatan Yang Sinshe Jerry Anjurkan.

Hubungi : Sinshe Jerry
Pluit Kencana 2 No: 11 
Jakarta Utara 14450 Indonesia
Telp:  Mentari 085811128718 / Simpati 081230292696 

Salam Sehat Selalu. 

Izin Pengobatan  No.1.3.01.3175.421/22001/11.16




Tidak ada komentar:

Posting Komentar