Selasa, 16 Januari 2018

94. Penyakit Kesemutan



Apa itu penyakit kesemutan?

Kesemutan pasti pernah dirasakan oleh semua orang. Bahkan anak-anak juga pernah meraskan kesemutan. Kesemutan adalah salah satu istilah yang menjelaskan tentang mati rasa atau kurangnya kepekaan beberapa anggota tubuh karena tekanan tertentu yang terjadi dalam waktu lama. Kesemutan akan menyebabkan rasa sakit dan tertusuk-tusuk pada bagian kaki atau tangan. Ketika memaksa untuk bergerak pada bagian yang kesemutan maka akan merasa sangat tidak nyaman. Kesemutan paling sering terjadi pada orang yang sudah duduk dalam posisi tertentu seperti bersila dan posisi lain dalam waktu yang sangat lama.

Kebanyakan orang pernah mengalami kesemutan kala duduk bersila terlalu lama atau tertidur dengan tangan tertindih kepala. Kondisi ini juga terjadi saat tekanan itu berlanjut tepat pada saraf. 

Kesemutan juga bisa menjadi indikasi dari banyak penyakit, seperti diabetes melitus, hipertensi, saraf terjepit, gangguan aliran darah pada pembuluh darah tepi, maupun gangguan darah. Ada kalanya pada mereka yang belum diketahui mengidap diabetes, kesemutan dapat menjadi gejala awal diketahuinya diabetes.

Paresthesia atau kesemutan kronis sering merupakan simtom dari penyakit neurologis atau trauma kerusakan saraf. Penyebabnya adalah gangguan yang memengaruhi sistem saraf pusat. 

Tumor maupun lesi vaskular yang menekan otak atau sumsum tulang juga bisa menimbulkan paresthesia. Sindrom saraf seperti sindrom saluran carpal (CTS) bisa merusak saraf perifer dan menyebabkan paresthesia diiringi rasa nyeri.

Kira kira apa penyebab seseorang terkena penyakit kesemutan?
·        kerusakan pada pembuluh darah.
·        darah yang mengalir di ujung-ujung saraf berkurang.
·        sumbatan pada pembuluh darah di otak, yang mengakibatkan kerusakan saraf setempat.
·        karena komplikasi jantung dengan sarafnya.
·        terdapat bekuan darah yang menempel.

Kira kira gejala apa yang bisa muncul apabila seseorang terkena penyakit kesemutan?
Gejala yang mungkin muncul: rasa kebas separuh badan, lumpuh separuh badan, buta sebelah mata, sukar bicara, pusing, penglihatan ganda dan kabur. Gejala berlangsung beberapa menit atau kurang dari 24 jam. Biasanya terjadi waktu tidur atau baru bangun. Kondisi ini harus ditangani karena bisa berkembang menjadi stroke berat.
Gejala lain yang mungkin muncul: Kejang pada tungkai, sulit tidur, emosi labil, takut, lemah, sakit kepala sebelah atau migrain, dan hilang kesadaran.

Kesemutan biasanya terasa di sekujur tubuh, khususnya pada ujung jari kaki dan tangan karena virus menyerang sistem saraf tepi.

Bila keadaan itu tidak segera diatasi, serangan akan berlanjut ke organ vital. Akibatnya, penderita merasa sesak napas dan lumpuh di seluruh tubuh.

Setelah duduk bersila dalam waktu lama, tiba-tiba Anda tidak bisa merasakan apa pun pada kaki Anda atau seperti mati rasa. Kondisi ini dinamakan kesemutan atau dalam istilah medisnya disebut parestesia.

Kira kira apa yang bisa dilakukan untuk mencegah seseorang terkena penyakit kesemutan?
Secara umum, kesemutan bisa diminimalisasi dengan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, misalnya:
  • Rutin berolahraga.
  • Menghindari terpapar racun.
  • Menghindari atau membatasi konsumsi minuman beralkohol.
  • Berhenti merokok.
  • Pola makan yang sehat.
  • Senantiasa menjaga berat badan ideal.
  • Mengobati dan mengontrol penyakit kronis jika ada, seperti diabetes atau ginjal lemah.
Kebanyakan kasus kesemutan yang terjadi bersifat sementara. Anda disarankan untuk segera menghubungi kami jika kesemutan yang Anda alami memburuk, disertai kemunculan ruam, diiringi pusing, kejang otot atau gejala lain yang tidak biasa, menjadi lebih sering buang air kecil, timbul rasa nyeri di leher, lengan bawah dan jari, tubuh terasa lemah atau tidak bisa bergerak, dan kehilangan kesadaran.
 




Apa Yang Harus Saya Lakukan Sekarang?


1. Segera Hubungi Sinshe Jerry.
2. Telepon Dan Buat Janji Waktu Pertemuan.
3. Datang Ke Lokasi Klinik Pada Waktu Yang Telah Ditetapkan Bersama.
4. Bertemu Dengan Sinshe Jerry.
5. Konsultasi Penyakit Dan Keluhan Anda Kepada Sinshe Jerry.
6. Sinshe Jerry Akan Rekomendasikan Pengobatan Yang Akan Anda Lakukan.
7. Lakukan Pengobatan Yang Sinshe Jerry Anjurkan.

Hubungi : Sinshe Jerry
Pluit Kencana 2 No: 11 
Jakarta Utara 14450 Indonesia
Telp:  Mentari 085811128718 / Simpati 081230292696 

Salam Sehat Selalu. 

Izin Pengobatan  No.1.3.01.3175.421/22001/11.16



Tidak ada komentar:

Posting Komentar